Mengenal Apa Itu Badal Haji dan Dalilnya

Badal Haji adalah ibadah haji yang dilakukan untuk menggantikan orang lain. Dalam ibadah ini sama dengan ibadah haji biasanya namun dalam ibadah ini ditujukan untuk seseorang yang telah meninggal atau sakit dan tidak bisa menunaikan ibadah haji.

Badal haji untuk orang yang sudah meninggal dunia karena yang bersangkutan sudah memiliki kewajiban melaksanakan haji karena nazar atau telah berniat haji juga dilandasi dari hadits yang dikisahkan Ibnu Abbas RA. Ada seorang lelaki dari suku Khats’am mendatangi Rasulullah SAW dan berkata,

“Ayah saya sudah meninggal dunia dan ia mempunyai kewajiban haji, apakah aku menghajikannya?” Nabi SAW menjawab, “Bagaimana pendapatmu apabila ayahmu meninggalkan utang. Apakah engkau wajib membayarnya?” Orang itu menjawab, “Ya,” Nabi SAW berkata, “Berhajilah engkau untuk ayahmu itu,” (HR Ahmad dan An Nasa’i).

Berdasarkan keterangan hadits di atas, badal haji boleh dilakukan sebagai wujud untuk melunasi hutang atau harta. Demikian pula dipahami bahwa seorang wanita boleh mewakilkan haji untuk seorang lelaki dan begitu pun sebaliknya.

Jadi dalam ibadah ini yang akan mendapatkan pahala ibadah adalah orang yang digantikan. Untuk menunaikan ibadah ini pun sama halnya dengan ibadah haji biasanya. Kita bisa mendaftar untuk ibadah ini pada agent yang menyediakan paket ibadah ini. Ibadah haji ini tidak boleh sembarangan dalam menunaikannya.

Hukum Badal Haji Untuk Orang yang Sudah Meninggal

Menurut para ulama, badal haji untuk orang yang sudah meninggal hukumnya boleh dan sah. Apalagi jika orang yang meninggal tersebut sudah wajib berhaji ketika masih hidup namun dia tidak sempat berhaji karena alasan tertentu, seperti karena terlalu lama menunggu antrian berangkat sehingga meninggal duluan, dan sebab lainnya, maka semua ulama sepakat bahwa badal haji baginya adalah boleh dan sah.

Badal haji bagi orang yang sudah meninggal dan dia memiliki kewajiban untuk berhaji, hukumnya adalah boleh dan sah. Sementara jika dia tidak memiliki kewajiban untuk berhaji, maka para ulama berbeda pendapat. Sebagian mengatakan boleh badalin haji untuknya dan sebagian lagi mengatakan tidak boleh.

Syarat Badal Haji

Untuk bisa menunaikan ibadah badal haji ini harus ada syarat tertentu yang harus dipenuhi. Syarat wajib dipenuhi untuk bisa menunaikan ibadah ini. Syaratnya antara lain sebagai berikut.

  1. Orang yang digantikan untuk berhaji harus memenuhi ketentuan berhaji seperti mampu secara finalsial. Keadaan mampu ini menjadi syarat utama dalam berhaji. Orang yang digantikan untuk berhaji ini dalam keadaan berhalangan atau ada uzur seperti tidak mampu secara fisik atau sakit yang tak kunjung sembuh sehingga tidak dimungkinkan untuk berhaji ataupun orang tersebut telah meninggal dunia. Maka dalam hal ini ibadah ini dapat digantikan.
  2. Orang yang menggantikan berhaji harus sedah berhaji terlebih dahulu. Jadi orang yang akan berangkat untuk badal haji harus sudah berhaji terlebih dahulu.
  3. Ibadah ini boleh dilakukan oleh pria atau pun wanita untuk menggantikan orang lain. Misalnya seorang pria menggantikan seorang wanita atau pun sebaliknya. Namun, ibadah yang dilakukan hanya untuk menggant satu orang saja. Jadi kita tidak boleh melakukan ibadah ini untuk menggantikan dua orang sekaligus.

Membicarakan ibadah haji ini tentu saja kita hars mengetahui biaya yang akan dikeluarkan. Ibadah badal haji ini memiliki biaya yang lebih murah jika dibandingkan dengan ibadah haji biasanya. Biaya untuk melakukan ibadah ini sekitar 7 sampai 15 juta rupiah tergantung dari fasilitas yang diinginkan.

Harga rata-rata untuk melakukan ibadah ini biasaya sekitar 14 jutaan saja. Jadi ibadah ini jauh lebih murah dari pada ibadah haji biasanya. Biaya badal haji ini lebih murah karena kita akan menggantikan rang untuk berhaji. Proses ibadah haji ini juga sama dengan proses berhaji seperti biasanya.

Saat ini banyak travel wisata yang menawarkan paket untuk ibadah haji ini. Namun, perlu diperhatikan bahwa kita tidak bisa asal-asal menunaikan ibadah haji ini. Ibadah ini memiliki syarat dan ketentuan khusus yang harus dipenuhi agar ibadah haji ini menjadi sah.

Kita tidak boleh sembarangan menunaikan ibadah haji ini atau kita tidak boleh menggampangkan ibadah ini. Banyak orang beranggappan tidak perlu pergi untuk berhaji karena haji juga boleh untuk diwakilkan. Jadi kita hanya perlu membayarkan biaya untuk berhaji kepada seseorang yang akan menunaikan ibadah haji untuk kita. Hal ini diharamkan dalam syariat.

Mencari paket badal haji ini tidaklah susah atau pun sulit karena banyak agen travel yang menawarkan paket ibadah ini. Untuk bisa melakukan ibadah ini seseorang wajib memenuhi syarat dan ketentuan dari ibadah ini. Harga dari paket yang ditawarkan pun beragam sesuai dengan fasilitas yang disediakan.

Harga rata-rata dari paket ini senilai 14 jutaan harga ini merupakan harga standar untuk bisa melakukan ibadah haji ini. Harga ini pun lebih murah jika dibandingkan kita berhaji untuk diri kita sendiri.

Untuk konsultasi atau mendaftar bisa hubungi kami di bawah:

Kami akan melayani Anda dengan sepenuh hati