Keistimewaan Utama Ibadah Umroh

Ibadah umroh memang memiliki hukum sunnah, yaitu memiliki makna bahwa tidak apa-apa jika kita tidak mengerjakannya, namun alangkah baik sekali jika kita kerjakan, karena bisa mendatangkan kebaikan, ridho Allah, dan tentunya pahala yang berlipat ganda. Nah, kata umroh sendiri secara makna bahasa memiliki arti mengunjungi atau berziarah ke suatu tempat yang ramai. Ibadah tersebut memiliki makna yaitu mengunjungi tanah suci, yaitu Kota Makkah dan Madinah. Yang membedakan lagi antara ibadah umroh dan haji adalah, ibadah umrah bisa dilakukan kapanpun saja, tak terbatas pada waktu tertentu. Sedangkan ibadah haji hanya bisa dilakukan pada saat bulan haji, yaitu pada tanggal 8-13 Dzulhijjah.

umroh adalah

Untuk tata cara ibadah umroh sendiri sebenarnya hampir sama dengan ibadah haji, namun memang tetap ada beberapa amalan yang tidak dilakukan pada saat umrah namun wajib dilakukan saat menjalankan ibadah haji. Salah satunya adalah wuquf di Arafah, dimana wuquf adalah ibadah puncak dari ibadah haji, dan memang hanya ada di rangkaian ibadah haji. Secara biaya, ibadah umrah juga lebih murah, berbeda dengan ibadah haji yang sedikit lebih banyak biayanya karena memang agak lama waktu yang diperlukan para jamaah haji berada di Tanah Suci.

Ada banyak faedah bagi yang mengerjakannya, berikut ini beberapa keutamaan ibadah umroh.

  1. Ibadah Umroh Setara dengan Ibadah Haji

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadist lain menyebutkan: “Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku” (HR. Bukhari).

Kedua hadist diatas menunjukkan keutamaan melaksanakan ibadah tersebut di bulan ramadhan. Menurut imam Nawawi, yang dimaksud dari hadist tersebut yakni sama dalam hal pahalanya. Namun demikian, haji tidak bisa digantikan dengan umroh. Sebab ibadah haji hukumnya wajib bagi umat muslim yang mampu melakukan nya.

  1. Sebagai Penghapus Dosa

Seseorang yang telah menjalankan ibadah umroh satu kali. Kemudian beberapa tahun, ia melakukan ibadah itu kembali maka dosa-dosanya pada rentang hari dari umroh pertama ke umroh kedua akan diampuni oleh Allah SWT.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu‘anh, Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam bersabda: “Umrah satu ke Umrah lainnya adalah penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain Surga.”

  1. Di kabulkan Do’a serta Meningkatkan Iman & Takwa

Ibadah Haji dan Umrah menjadi istimewa karena orang yang datang ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah tersebut adalah tamu Allah SWT. Begitulah biasa disebut dan memang Rasulullah SAW menyebutkannya demikian. Jemaah Haji dan Umrah adalah tamu undangan Allah SWT sehingga apa yang diminta sang tamu akan dikabulkan oleh-Nya. Ini adalah bentuk keistimewaan yang paling istimewa.

Umumnya sesorang yang telah mengunjungi rumah Allah,  keimanannya akan semakin bertambah. Ia juga berupaya meningkatkan ketawaqwaanya dengan cara memperbaiki ibadah, seperti solat, puasa, dan dari segi perilaku.

  1. Pahala nya di catat Hingga Akhir Kiamat

Allah SWT mencatat perbuatan seseorang berdasarkan niatnya. Apabila ia memiliki niat baik, namun belum sempat mewujudkan niat tersebut maka Allah sudah mencatatnya sebagai pahala. Begitupun dengan orang yang meninggal saat umroh. Walau mungkin rukun umrohnya belum tercapai semua, tapi Allah sudah menjanjikan pahala.

Sebagaimana dijelaskan oleh Abu Hurairah radhiallaahu anhu, Rasulullah shalallaahu alaihi wasalam bersabda, “Barangsiapa keluar dalam melaksanakan haji lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang haji hingga hari kiamat. Barangsiapa keluar dalam melaksanakan umrah lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang yang melaksanakan umrah sampai hari kiamat, dan barangsiapa keluar dalam berperang dijalan Allah lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang yang berperang dijalan Allah sampai hari kiamat.”

  1. Mendekatkan Diri Kepada ALLAH SWT

Segala macam ibadah, baik wajib maupun sunnah, akan selalu mendekatkan kita kepada Sang Pencipta, Allah SWT. Ketika kita menjalankannya bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban atau karena ingin saja, namun kita benar-benar butuh berinteraksi dan selalu dekat dengan Allah, maka kita akan merasakan Allah selalu hadir di dekat kita.

Begitupun dengan ibadah umroh, ketika kita mendatangi Tanah Suci, tempat dimana Rasulullah SAW dilahirkan dan meninggal dunia, tempat dimana peradaban Islam semua dimulai dan tempat yang  dimuliakan Allah SWT, di sana ada Baitullah, ada tempat-tempat religius lainnya,maka insaAllah kita akan semakin dekat dengan Allah SWT.

Itulah beberapa keistimewaan ibadah ini, Jika kita belum sempat melaksanakan ibadah tersebut semoga kelak kita diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk mengunjungi rumah-Nya. Dan semoga ibadah umroh kita menjadi ibadah mabrur yang diterima di sisi Allah SWT. Amin ya Rabbal ‘Alamin.